Thursday, May 2, 2013

[Cerita] MARI MENABUNG POHON DENGAN 3R BANYAK MANFAATNYA

Cerita has posted a new item, 'MARI MENABUNG POHON DENGAN 3R BANYAK MANFAATNYA'



REP | 02 May 2013 | 17:38
Dibaca: 19 Komentar: 0 Nihil



Sedih rasanya kalau lihat berita di tv, daerah .tertimpa bencana banjir
bandang, banyak korban yang meninggaltidak bisa menyelamatkan diri dan harta
benda.begitulah biasanya narasi reporter yang menyiarkan kabar dukadan bencana
akbiat banjir bandang.

Melihat kejadian tersebut membuat banyak pasang matapemerisa di tv meneteskan
air mata dan salah satunyasaya,dampak bencana ini bukan terjadi tahun kemarin,
harikemarin, tapi bergulir tiap tahun ada saja bencana banjirbandang, setelah di
lakukan investigasi baru ketahuan bencanaini salah satunya dari penebangan pohon
tak terkendali danmelupakan ekosistem yang ada, seringnya mereka menebang
pohontapi tidak menanam kembali menyebabkan banyak hutan diindonesia yang
berkurang.

Memang 1 pohon bisa menghasilkan banyak manfaat bagimanusia,bisa di buat
berbagai bahan kebutuhan primer, sepertimenjadi kertas misalnya, bisa menjadi
buku, majalah dankoran. manusia membutuhkan untuk di tulis, membaca danmencari
pengetahuan dari sebuah buku, majalah dan koran,terkadang kalau melihat harganya
sangat miris bayangkan darisebuah koran yg terbit tiap hari dari harga Rp.
2.000,-sampai Rp. 5.000,-, setelah di baca, disimpan diletakan dekatpojok teras,
dan biasanya para pembantu menukarnya ke paratukang loak seharga Rp. 2.000,-
perkilonya (tak sebandingdengan harga koran sewaktu membelinya), atau terdampar
diabang sayur menjadi bungkus cabai, warung nasi uduk menjadialas atau tatakan
gorengan.

Miris memang melihatnya, terkadang dalam hati saya bertanyabisa tidak koran ini
di manfaatkan menjadi barang layak gunalagi dan bernilai ekonomis.

Dan kisah ini berawal dari saat (alm) ibu sakit,disaatmerawatnya banyak waktu
kosong yang terbuang percuma,saya punmelihat koran yang menumpuk di rak tv,
sayang tidak dimanfaatkan, mulailah saya mengambil beberapa lembar koran,
dipotong jadi 2 dan di gulung menyerupai lintingan lidi, lanjutmenganyam bentuk
awal seperti tas yang biasa di pakai parapencari ikan, hasilnya kurang rapi, dan
saya perlihatkankepada ibu



Bagus gak , ibu hanya tersenyum dan menganguk, itu adalahpenghargaan terbesar
dalam hidup saya melebihi penghargaanyang lain, karena tanpa beliau saya tidak
ada apa-apanya,bagi saya ibu adalah pacar, teman, sahabat dan pendengar
yangbaik.

Seiring waktu saya ikut pameran di berbagai tempat dan saya bergabung di CFC
(Craft For Charity),komunitas ini kumpulan para pengerajin craft
adaOrigami,quilling, beading dan yang lainnya. selain berjualanlewat bazar,hasil
penjualan separuhnya, CFC gunakan untukkegiatan sosial pelatihan kepada orang
yang kurang mampu danmembutuhkan.Karena saya berpikir ilmu bukan buat saya
sendiritapi juga buat orang banyak.









Senang rasanya berbagi ilmu dengan mereka yang membutuhkan,memanfaatkan koran
bekas menjadi barang layak guna bernilaiekonomis seperti tas, vas bunga,asesoris
dan yang lain, cintalingkungan dengan menerapkan 3R Reduce (mengurangi),
Reuse(memakai kembali), Recycle (mendaur ulang), berarti kitasemua bisa
menyelamatkan jutaan pohon

AYO SELAMATKAN BUMI







<!-- KOMENTAR BERDASARKAN TANGGAL :

TANGGAL
BULAN
TAHUN

-->








You may view the latest post at
http://cerita.biz/

Best regards,
Cerita
http://cerita.biz

No comments:

Post a Comment